OSHIBANA

Oshibana berasal dari dua kata, yakni‘oshi’ yang berarti tekan, dan ‘bana/hana’ yang berarti bunga. Jadi secara harafiah, oshibana berarti bunga yang ditekan/dipress. Secara umum, oshibana dapat didefinisikan sebagai seni merangkai bunga press yang diaplikasikan dalam berbagai kreasi yang unik dan menarik.

Budaya Jepang yang sarat dengan ritual dan dekat dengan alam telah membentuk berbagai seni dan perayaan terkait dengan bunga dan musim. Tidak heran bila oshibana menjadi begitu digandrungi oleh masyarakat Jepang, khususnya para wanita. Kursus oshibana bertaburan dimana-mana dan menjadi bagian dari life culture mereka. Walaupun di  belahan dunia lain seni ini juga dikenal, tetapi justru teknik mengeringkan dan press gaya Jepang Inilah yang lebih dikenal sehingga di Eropa dan Amerika kelompok-kelompok Oshibana bertumbuhan.

Di negara barat, oshibana popular dengan istilah the art of pressed flower. Sementara untuk di Indonesia sendiri, seni press bunga ini memang belum begitu populer, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, mulai banyak kalangan masyarakat yang menyukai dan menekuni seni yang satu ini, baik sebagai hobi maupun untuk dijadikan lahan bisnis yang menggiurkan dengan memproduksi beraneka macam souvenir seperti gantungan kunci, pembatas buku, agenda, buku tamu, album, lukisan, dan aksesoris lainnya.

Comments

  1. Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Add Your Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *