PROFIL RINA
Sri Alderina biasa dipanggil Rina

Sri Alderina lahir di Payakumbuh pada 4 September 1972, dan merupakan alumni Fakultas Sastra Jerman Universitas Indonesia.  Berawal dari keinginannya memanfaatkan waktu luang, ibu dari tiga orang putra ini mulai mempelajari  seni Oshibana pada pertengahan  tahun 2010.

Awalnya, perempuan yang hobi memasak, travelling, mengajar dan berbisnis ini mengikuti kursus Oshibana hanya sekedar menyalurkan  hobi dan ingin membuat sentuhan pribadi untuk pernak pernik di rumah sendiri. Kemudian hasil karya tersebut ditampilkan di media sosial seperti  facebook, twitter dan web. Ternyata, banyak teman-temannya yang tertarik untuk belajar seni Oshibana  dan memesan berbagai produknya seperti pembatas buku, agenda, pajangan dll. 

Dari situlah naluri bisnis Rina muncul.  Kemudian Rina mendirikan  Komunitas Oshibana Indonesia di dunia online yang mendapat sambutan hangat , baik dalam maupun luar negeri.  Komunitas ini merupakan wadah untuk para pecinta Oshibana menampilkan produknya, ajang  berdiskusi, berbagi  dan berkomunikasi seputar Oshibana.

Dalam memasarkan produk Oshibana, Rina yang pernah mengajar bahasa Inggris di SMP dan SMU Insan Kamil-Al Ihya Bogor, giat mengikuti berbagai pameran dan bazaar dengan brand @Rina Oshibana. Beberapa produk karya Rina sudah “terbang” ke negara Australia dan Jepang.  Saat ini, selain sibuk berpameran, Rina juga mengajar kursus Oshibana di berbagai tempat.

Buku yang ditulis Rina Oshibana

Pada tahun 2011, Rina menulis buku berjudul Oshibana Seni Bunga Press dari Jepang yang diterbitkan oleh Demedia Pustaka. Dalam buku tersebut, dijelaskan cara membuat Oshibana secara step by step. Melalui berbagai aktivitas dan karyanya di bidang Oshibana, Rina ingin mengajak wanita Indonesia untuk berkarya, mandiri dan memulai bisnis dari rumah. Sekaligus juga mewujudkan cita-citanya yang ingin menciptakan industri  rumahan yang ramah lingkungan, alami dan berkonsep go green di setiap lini produksinya.